Rabu, 23 April 2014

Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan Tubuh

Daun yang terkenal dengan sebutan ilmiah/latin Plumbago zeylanica L ialah salah satu daun yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, selain nama ilmiah Plumbago zeylanica L daun ini lebih familiar dikalangan masyarakat kita dengan sebutan Daun Encok .

Seperti namanya daun ini memang bisa bermanfat baik bagi anda yang saat ini sedang terkena encok, atau sakit nyeri pada persendian, baik itu nyeri punggung, pinggang, rematik maupun rasa nyeri sendi lainnya.
Daun ini memiliki rasa pahit, tonik, dan bersifat beracun.
Manfaat Daun Encok Untuk Kesehatan
Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan Tubuh
Karena itulah bagi anda yang ingin memanfaatkan daun encok untuk pengobatan pribadi, anda tidak boleh menggunakan/menempelkan daun encok hingga terlalu lama. Maksimal penempelan hanya 30 menit saja, kenapa demikian karena menghindari kulit tidak melepuh.

Walaupun beracun tanaman ini bermanfaat baik lo, ini semua disebabkan oleh banyaknya kandungan kimia daun encok itu sendiri, kandungan kimia itu terdiri dari plumbagin droserone {2-hydroxy plum- bagin}, 3-3-biplumbagin, 3-chloroplum- bagin, serta chitranone (3-6-biplumbagin).

Oke tak usah panjang lebar berikut adalah Manfaat Daun Encokyang bisa anda dapatkan. Oh iya selain dijelaskan Manfaat Daun Encok untuk kesehatan artikel ini juga akan diberikan petunjuk pengguaanya langsung:

Caranya mudah: anda hanya harus menyiapkan segenggam daun encok yang masih segar, lalu bersihkan dengan air dan tumbuk halus. Beri air sedikit saja hingga daun diaduk seperti bubur. Gunakanlah ramuan ini untuk menggosok bagian sendi yang sakit. Dan basuk setelah 15-20 menitnya.
Cara pemanfaatnya adalah: ambil daun encok yang masih segar seperlunya saja, kemudian pipis daun ini dan beri sedikit minyak kelapa murni, sampai betuknya berubah layaknya bubur. Gunakan bubur daun encok ini ke bagian pelipis kanan dan kiri. Gunakan maksimal 30 menit dan basuh sampai bersih.

Obat Herbal Pelancar Buang Air Kecil
Caranya simple ambil daun encok segar seperlunya, tumbuk hingga halus dan beri sedikit adas pulosari. Gunakan campuran bahan ini untuk obat gosok ke perut anda, basuh setelah 15-20menit untuk menghindari kulit mengelendung/melempuh.

Untuk Mengobati Penyakit Kulit
Untuk caranya adalah sebagai berikut: siapkan akar dari tumbuhan daun encok secukupnya, cuci sampai bersih smepurna dan haluskan. Beri tambahkan air dan susu seperlunya, kemudian oleskanlah ramuan ini pada bagian penyakit kulit yang anda punya.

Nah bagaimana?? Tumbuhan yang kita anggap tidak beramanfaat ternyata mengandung manfaat yang sugudang bukan??? oke sekian artikel mala mini semoga bermanfaat.

Baca juga:

Manfaat Daun Encok Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar