Jumat, 21 Maret 2014

Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh

Nah setelah pada kesempatan sebelumnya, blog info membahas tentang beberapa manfaat dari masing-masing vitamin untuk kesehatan tubuh, seperti manfaat vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin D, dan Vitamin E. Kali ini blog info kesehatan akan mencoba mengupas dan mengulas Vitamin K, sebagai penutup artikel tentang manfaat Vitamin untuk kesehatantubuh.

Selain familiar dengan nama Vitamin K, vitamin ini juga dikenal dengan sebutan atau nama Koagulasi. Vitamin K juga termasuk kedalam salah satu jenis vitamin yang bisa larut ke dalam lemak tubuh. Layaknya vitamin A, E, dan D.

Manfaat yang sangat penting dari Vitamin K ialah berguna untuk membantu tubuh dalam menjalankan proses pembekuan darah saat terjadi pendarahan. Biasanya seseorang harus memenuhi kebutuhan Vitamin K sehari-hari sebanyak 2 mcg untuk per 1 kg dari berat tubuh.
Manfaat Vitamin K
Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh

Seseorang yang kekurangan vitamin K biasanya ditandai dengan proses pembekuan darah yang tidak normal. Namun untuk masalah kekurangan Vitamin K ini biasanya seseorang yang sudah remaja atau dewasa jarang mengalami, melainkan anak balitalah yang sering mengalaminya.

Untuk sumber makanannya sendiri, Vitamin K bisa anda  penuhi dengan mengkonsumsi makanan seperti: sayuran berwarna hijau, kedelai, sayur kol, sayur brokoli, susu sapi, hati ayam dkk, serta asparagus.

Dan untuk manfaatnya sendiri adalah sebagai berikut:
Membantu Proses Pembekuan Darah
Nah seperti yang sudah sedikit disinggung diatas, bahwa manfaat utama dari Vitamin K ialah untuk membantu tubuh dalam proses pembekuan darah. Jadi bila anda yang tak memiliki masalah dengan Vitamin K biasanya akan cepat sembuh jika terkena sayatan pisau, hal ini berbebanding terbalik bagi mereka yang kekurangan Vitamin K.

Membantu Proses Pertumbuhan Tulang serta Mencegah penyakit Osteoporosis
Tak hanya Vitamin D yang bermanfaat baik untuk proses pembentukan dan perawatan tulang tubuh. Namun Vitamin K juga memiliki fungsi yang hampir sama layaknyaVitamin D. Menurut sebuah Penelitian Vitamin K dapat membantu tubuh dalam mendapatkan kepadatan tulang yang pas dan struktur tubuh yang kuat.
Hal ini dikarenakan, Vitamin K akan bekerja membantu senyawa osteokalsin untuk proses penyerapan mineral guna memperkuat kepadatan tulang. Sedangkan Osteoklasin sendiri ialah zat yang diproduksi oleh osteoblas, guna mengumpulkan sel-sel pembentuk tulang tubuh.

Sebuah penelitian ternama (Tufts) yang diterbitkan dalam Diabetes Care, mereka menemukan bahwa fungsi vitamin K (K)1, bisa menghindarkan tubuh dan mengurangi risiko resistensi insulin. Nah hal inilah yang berhubungan dengan proses pencegahan diabetes yang seaktu-waktu menyerang tubuh kita.

Mencegah Hemoragik
Penyakit Hemoragik umumnya ditemukan pada bayi yang baru lahir,dan untuk mencegah pendarahan tersebut. Sang ibu harus memberikan asupan gizi seperti Vitamin k yang ada dalam komposisi manfaat asi (air susu ibu).

Mencegah Pendarahan Hati Dalam Tubuh
Jika di dalam tubuh, ternyata vitamin K berkerja dengan cara menekan proses pendarahan yang ada dalam hati, pendarahan hati ini biasanya terjadi saat seseorang memakai dan mengnsumsi makan atau zat yang mengandung senyawa aspirin dan antibiotik yang melebihi batas normal.

Mencegah Sel Kanker Dalam Tubuh
Sel kanker yang bisa di cegah dengan memanfaatkan fungsi vitaminK adalah sel kanker hati serta sel kanker paru-paru.

Bagaiamana banyak bukan manfaatnya, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang belum tersebut diatas, namun beberapa pemaparan diatas semoga bisa mewakili secara keseluruhan. Terimaksih atas kunjungannya, tunggu artikel sehat kami lainnya.

Manfaat Vitamin K untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar